cara ampuh menghemat kuota internet

Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet – Saat ini kuota internet sudah menjadi kebutuhan utama banyak orang. Dengan semakin banyaknya keutamaan dan kelebihan yang ditawarkan dalam mengakses beragam informasi dan kebutuhan melalui internet, membuat banyak orang tertarik memanfaatkannya.

Semua kalangan sudah memiliki kebutuhan yang sama dalam menggunakan internet, mulai dari mencari tugas sekolah, sekedar curhat atau update status di media sosial, streaming video, hingga ngeblog maupun berjualan via toko online merupakan beberapa aktivitas yang bisa dikerjakan dengan menggunakan jaringan internet.

Beragam kemudahan dan kecepatan yang ditawarkan oleh beberapa provider operator seluler juga menjadikan internet banyak disukai dan memiliki pengguna yang semakin meningkat tiap tahunnya, sehingga mengakibatkan biaya untuk membeli kuota internet juga semakin membengkak.

Beraneka macam konten, baik dalam bentuk teks atau tulisan, video, gambar atau foto, semuanya membuat konsumsi kuota internet semakin boros. Jadi, tidak heran bila konsumsi data internet anda semakin lama semakin cepat habis. Sedang di sisi lain, harga kuota internet juga semakin mahal.

Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet

cara menghemat kuota internet

Nah, agar tidak semakin membuat kantong anda jebol, simak cara ampuh menghemat kuota internet berikut ini:

1. Jangan nyalakan semua aplikasi

Menyalakan data selular pada semua aplikasi di ponsel, bisa membuat paket data anda cepat habis. Coba lihat di pengaturan pemakaian data seluler di smartphone anda, dan nyalakan hanya untuk aplikasi yang memang sering digunakan. Misalnya, untuk aplikasi media sosial seperti Facebook, yang sering kamu akses.

Bila anda memakai iPhone, anda bisa membuka Setting/Pengaturan, lalu buka Data Celullar. Geser kursor ke kanan menjadi hijau untuk menyalakan dan ke kiri untuk mematikan.

Cara ini cukup efektif menghemat kuota internet anda, karena akan menonaktifkan pemakaian data untuk aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu anda perlukan.

2. Update Aplikasi hanya saat memakai WiFi

Cara ampuh lain untuk menghemat kuota internet adalah perbarui atau update aplikasi hanya saat anda terhubung dengan jaringan WiFi. Jangan pernah menyalakan fitur update otomotis memakai celullar data.

Apabila ponsel anda menyimpan banyak aplikasi yang biasanya akan meminta update berkala, dan berada pada setingan update otomatis, maka kuota internet anda bisa habis hanya untuk update aplikasi saja.

Pada platform Android, cara untuk mengaktifkan fitur update via Wifi adalah buka Play Store, pilih menu Settings, lalu klik auto-update apps, pilih Auto-update apps over WiFi Only.

3. Gunakan browser yang hemat data

Browser atau peramban juga bisa membuat boros kuota internet anda. Terutama browser bawaan dari smartphone. Misalnya, Safari yang tersedia di iPhone atau Google Chrome di platform Android.

Supaya kuota internet anda bisa lebih hemat, coba gunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser yang efisien mampu mengompresi website yang kamu kunjungi sehingga konsumsi data menjadi lebih sedikit.

Bila memakai Google Chrome, kamu bisa mengaktifkan penghematan dengan menyentuh ikon tiga titik di kanan atas lalu pilih Settings, kemudian pilih Data Saver (atur pada posisi on) untuk mengaktifkan fungsi penghemat data.

4. Menghentikan tampilan iklan di browser

Tampilan iklan pada browser seringkali cukup mengganggu, terutama jenis iklan pop up dan terkadang tak sengaja tersentuh jari kita saat tengah berkelana di dunia maya atau browsing. Memang itulah tujuan si pemasang iklan, yaitu agar pemakai browser melihat iklan mereka.

Untuk menghemat load data pada suatu halaman blog atau website, anda bisa menghilangkan tampilan iklan dengan memasang adblock plus. Tapi hal tersebut akan menghilangkan pendapatan si pemilik blog karena iklan di halamannya tidak bisa muncul.

5. Batasi pemakaian data tiap aplikasi

Para pengembang platform sudah memahami konsumsi data internet yang terlalu banyak bisa menyusahkan pengguna. Maka dari itu, kebanyakan platform atau aplikasi menyediakan opsi menghemat konsumsi data.

Misalnya, pada platform Android, anda bisa memanfaatkan fitur data usage warning dan limit system. Dengan mengaktifkan fitur ini, anda akan mendapatkan peringatan saat pemakaian kuota internet melampau batas.

Pada beberapa aplikasi seperti Whatsapp, anda bisa mengaktifkan pengaturan data dengan membuka Setting, lalu Data and Storage Usage. Nonaktifkan media auto download. Semisal anda sering berada di tempat dengan Wifi, pilih saja download hanya saat ada wifi.

Pengaturan panggilan di Whatsapp juga bisa anda atur menjadi Low Data Usage agar kuota internet tidak boros. Hanya saja, efeknya, kualitas panggilan melalui aplikasi ini berisiko kurang baik.

6. Optimalkan pemakaian WiFi

Bila anda banyak beraktivitas di tempat yang menyediakan WiFi, manfaatkan untuk berselancar. Saat ini di tempat publik sudah semakin banyak yang memberikan fasilitas WiFi yang bisa diakses saat kita berkunjung atau berada di sana. Misalnya, di mall, cafe, di kantor, di kampus, dan lain-lain.

Hanya saja, memakai WiFi bisa membuat daya tahan baterai ponsel lebih singkat. Itu karena semua aplikasi otomatis menyala dengan bantuan WiFi. Selain itu, pastikan anda tidak melakukan transaksi perbankan menggunakan jaringan WiFi untuk menghindari upaya penyusupan.

7. Matikan autosinkronisasi

Banyak aplikasi yang menerapkan sinkronisasi otomatis sehingga mereka menyedot kuota internet secara langsung tanpa anda sadari.

Sebagai langkah menghemat kuota internet, anda bisa mematikan fitur autosinkronisasi ini dan memilih mode manual saja. Caranya, masuk ke Settings, lalu Account, kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan.

8. Manfaatkan fitur Airplane Mode

Bila anda akan berada di tengah kondisi yang tidak memungkinkan memegang ponsel, atau sedang melakukan perjalanan yang cukup jauh, anda bisa menyalakan airplane mode agar supaya data internet tidak terus menerus tersedot, dan juga bisa menghemat daya baterai anda.

Memakai ponsel di tengah keramaian bisa memancing orang jahat. Terus memandangi layar ponsel saat berjalan-jalan juga kurang baik. Anda bisa tersandung atau menabrak orang di depan gara-gara terlalu konsentrasi pada handphone anda.

9. Matikan data saat tidur

Rata-rata orang menghabiskan waktu sekitar 7 jam untuk istirahat malam. Bayangkan bila anda selalu membiarkan ponsel menyala saat tidur. Data internet terus tersedot padahal anda tidak sedang berselancar atau memakai ponsel.

Jadi, jangan lupa selalu mematikan ponsel atau aktifkan fitur Airplane Mode sebelum anda tidur. Cara ini lumayan menghemat kuota internet. Lagipula, sinyal ponsel yang terus menyala ketika kita tidur, berakibat kurang baik bagi kesehatan.

10. Hapus aplikasi yang boros kuota data

Cobalah untuk melihat aplikasi mana saja yang banyak menyedot konsumsi data. Caranya, buka menu Settings lalu buka Data Usage, scrolling ke bawah dan di situ anda bisa melihat aplikasi mana yang banyak memakai data. Hapus atau uninstall aplikasi yang terlalu boros memakan data internet anda.

Misalnya, anda bisa menghapus aplikasi Facebook di smartphone dan bukalah facebook menggunakan browser yang telah di setting dengan mode hemat data. Maka dijamin penggunaan data internet anda akan lebih hemat, karena biasanya aplikasi yang paling banyak memakan data internet adalah facebook.

11. Atur penggunaan data di Background App Refresh

Fitur Background App Refresh diam-diam memakan kuota internet tanpa anda sadari. Bila anda memakai platform Android, cobalah untuk masuk ke menu Settings, lalu pilih Data Usage, sentuh tiga garis vertikal di kanan atas, kemudian pilih Restrict background data, klik OK.

Bila anda memakai platform iOS, anda harus membuka satu per satu aplikasi di menu Settings dan nonaktifkan fitur Background App Refresh. Cara ini dapat membantu anda untuk menghemat kuota internet. Resiko yang anda dapat, yaitu tidak mendapatkan notifikasi dengan cepat.

12. Pakai aplikasi kompresi data

Anda bisa memakai aplikasi yang bisa melakukan kompresi data agar dapat menghemat kuota internet. Misalnya, memakai Onavo Extend. Aplikasi ini membantu anda menganalisa semua aplikasi di perangkat Android. Hanya saja, Onavo tidak bisa melakukan kompresi video. Tapi, cukup lumayan ampuh untuk membantu anda menghemat kuota internet.

13. Manfaatkan aplikasi Mailbox untuk email

Memiliki aplikasi email di ponsel memang keren dan praktis. Tapi, keluar masuk email ternyata cukup menyedot kuota internet. Lebih baik anda memanfaatkan aplikasi Mailbox agar bisa menghemat kuota internet. Mailbox bisa anda dapatkan baik di platform iOS maupun Android.

Aplikasi Mailbox bisa memungkinkan anda menyimpan data yang tidak perlu disedot saat memakai email. Otomatis, konsumsi kuota internet anda bisa lebih hemat.

14. Manfaatkan Fitur Offline Mode

Sekarang sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur offline mode. Fitur ini memungkinkan anda tetap memakai aplikasi walau dalam kondisi tidak terkoneksi dengan jaringan internet atau dalam kondisi offline.

Misalnya, Youtube. Bila memakai fitur offline mode, anda dapat menyimpan video tanpa mengunduh, yang bisa anda lihat nanti saat offline. Google Maps juga memiliki pilihan fitur ini, sehingga anda bisa tetap memakai peta untuk mencari lokasi walaupun tidak tersambung dengan internet.

15. Hindari memakai kuota ponsel untuk teethering

Mungkin anda merasa tidak puas berselancar di dunia maya memakai gadget dengan layar terbatas seperti ponsel pintar. Akhirnya, anda tergoda menjadikannya personal hotspot (teethering) untuk laptop atau PC. Langkah ini dijamin bakal cepat menghabiskan kuota internet anda.

Nah, bila ingin menghemat kuota internet, jangan sekali-kali menjadikan smartphone sebagai personal hotspot kecuali terpaksa. Karena hal tersebut juga akan membuat daya baterai smartphone anda cepat habis.

Demikian 15 cara ampuh menghemat kuota internet yang bisa anda praktekan, cobalah untuk mempraktekannya mulai sekarang. Rasakanlah kuota internet anda menjadi lebih hemat dan tidak menguras kantong anda.

SHARE
Artikel Sebelumnya14 Tips Memilih Laptop Berkualitas
Artikel Berikutnya17 Fitur Andalan Android Oreo
Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan mendapatkannya. Yakinlah bahwa dengan ketekunan semua akan dimudahkan. Tataplah masa depan dengan keyakinan. Semoga tuhan senantiasa memberikan kita semua kesuksesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here