mengatasi baterai boros dengan aplikasi penghemat baterai

Cara Mengatasi Baterai Android Boros – Saat ini peranan smartphone tidak bisa dipisahkan dari kehidupan dan aktifitas kita sehari-hari, mulai dari update status di medsos, browsing, streaming video dan lainnya.

Semua kegiatan tersebut membutuhkan daya yang besar agar smartphone yang anda miliki mampu mencukupi kebutuhan anda berselancar di dunia maya maupun untuk sekedar chat ataupun menelepon.

Apa jadinya ketika anda sedang asik asiknya menggunakan smartphone, ternyata baterai berada pada level kritis…padahal anda baru saja melepaskannya dari charger berapa saat yang lalu.

yah….baterai yang boros atau cepat habis memang merupakan kendala yang dialami setiap pengguna smartphone, meskipun anda bisa menggunakan gadget tambahan berupa Power Bank. Namun membawa power bank kemana-mana tentu bukan hal yang praktis dan cenderung merepotkan, selain itu penggunaan power bank abal-abal juga menyebabkan performa baterai anda akan cepat menurun.

mengatasi baterai boros dengan aplikasi penghemat bateraiNah….agar baterai smartphone anda lebih awet atau tidak boros, anda bisa menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga untuk membantu anda lebih menghemat baterai tanpa melakukan hal yang ribet dan tentu lebih efisien.

Langsung saja anda simak, cara mengatasi baterai boros dengan aplikasi penghemat baterai yang bisa anda unduh di Play Store berikut ini :

Greenify

Aplikasi Greenify secara garis besar bekerja dengan menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang, sehingga RAM menjadi lega dan baterai anda bisa menjadi lebih awet.

Aplikasi ini dulunya mengharuskan smartphone android anda sudah di root, namun pada update terbarunya aplikasi Greenify ini sudah bisa dipakai meski smartphone anda belum di root.

Walaupun bisa digunakan untuk perangkat non-rooted, Greenify akan berjalan lebih baik di perangkat yang sudah di root. Jika smartphone anda sudah di root, anda bisa memaksimalkan kinerja Greenify dengan cara memilih mode root.

Penggunaannya juga terbilang cukup mudah,apabila anda tidak mau repot bolak balik membuka Greenify untuk menghibernasi aplikasi, Greenify bisa melakukannya secara otomatis. Pada Menu pengaturan, centang pilihan “Otomatis hibernasi”. Maka, Setiap kali anda mengunci smartphone, Greenify akan secara otomatis menghibernasi aplikasi-aplikasi yang masih berjalan.

Automate

Automate bisa digunakan untuk menghibernasi suatu aplikasi dan membuat berbagai fungsi berjalan secara otomatis, tanpa harus ribet membuat variabel sendiri.

Anda bisa memilih banyak Flow (istilah variabel di Automate) untuk membuat perintah secara otomatis. Banyak Flow hasil upload pengguna lain terdapat di server Automate, jadi anda tinggal download dan aktifkan saja. Dari keperluan bisnis, konektivitas, hiburan hingga urusan cuaca.

automate-otomatisasi-aplikasi android

dari pengaturan flow yang anda tentukan sendiri, Automate siap memberikan keleluasaan bagi anda untuk mengatur beragam aplikasi yang ada di Android secara otomatis. Setelah menginstal Automate, jangan lupa untuk memberikan akses ke Device Administrator, Notification Access, dan Accessibility Service. Ini bertujuan agar Automate bisa mengakses semua program di Android anda, sehingga fitur automatisasi bisa berjalan dengan sempurna.

Hibernation Manager

Sistem kerja aplikasi ini mirip dengan Greenify, perbedaanya adalah Hibernation Manager akan tetap optimal meskipun tanpa akses root untuk menggunakan semua fitur yang disediakannya.

Penggunaannya pun terbilang cukup mudah, anda  tinggal mengatur toggle di sisi kanan bawah ke posisi ON untuk mengaktifkan Hibernation Manager. Anda bisa mengatur CPU agar berada dalam frekuensi paling rendah saat layar dalam keadaan mati, sehingga mampu menghemat baterai Android anda dan membuat RAM menjadi lega.

cara menghemat baterai dengan hibernation managerBerbagai aplikasi bisa anda atur ke mode hibernasi, sehingga aplikasi tersebut tidak akan berjalan pada background dan memberikan pemberitahuan apapun, kecuali kamu membukanya. Hasilnya, baterai Android anda menjadi lebih hemat.

MoboClean

MoboClean akan memberikan anda akses istimewa seperti layaknya pengguna yang sudah melakukan root. Dengan MoboClean, anda bisa membuat suatu aplikasi berhenti berjalan di background, block autostart, hingga mengatur akses suatu aplikasi di Android anda.

cara menghemat baterai dengan mobocleanCara kerja MoboClean terlebih dulu akan menghapus aplikasi yang anda pilih, dan kemudian menginstalnya kembali dengan versi yang sama namun dengan permission yang bisa anda atur secara leluasa.

Dengan aplikasi MoboClean, anda bisa mengakses seluruh aplikasi di smartphone anda sesuka hati. Misalnya mematikan autostart, background service, data network, Wi-Fi dan lain-lain. Dengan begitu, daya baterai smartphone anda akan menjadi lebih hemat dan RAM jadi lebih lega.

Account Sync Profiler

Sebuah Smartphone selalu identik dengan sinkronisasi akun email. Aplikasi ini akan membantu anda untuk mengaturnya agar sesuai dengan keadaan anda, misal ketika anda bekerja sinkronisasi email bisa anda atur selalu berjalan untuk menerima email yang masuk, dan pada saat anda libur auto sinkrinisasi bisa anda matikan.

Sinkronisasi otomatis pada smartphone android yang berjalan secara terus menerus akan mengakibatkan baterai anda cepat habis, selain itu juga paket mobile data anda akan cepat berkurang. maka dengan menggunakan Account Sync Profiler anda bisa membuat variabel khusus yang akan mangatur proses sinkronisasi data berjalan hanya dalam kondisi sesuai pengaturan variabel yang telah anda buat dan anda tetapkan pada aplikasi ini.

Juice Defender

Juice Defender adalah aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menghemat baterai. Fitur andalannya adalah dengan memberikan tiga pilihan mode untuk membatasi dan menonaktifkan fitur konektifitas pada smartphone anda, seperti koneksi WiFi, NFC, Bluetooth ataupun mobile data.

Hanya dengan satu langkah mudah, Anda sudah dapat melakukan penghematan baterai. Anda cukup melakukan pilihan di menu setting, ada 5 pilihan yang tersedia, yaitu balance, agressive, extreme, customize, dan advance. Tiap pilihan yang tersedia memiliki tingkat penghematan yang berbeda-beda. Anda tinggal menentukan penghematan yang paling cocok sesuai dengan pemakaian dan kebutuhan.

DU Battery Saver

Fitur aplikasi yang banyak digunakan oleh sebagian pengguna android ini, diantaranya anda mampu mengatur dan menurunkan kecerahan layar, mematikan koneksi secara otomatis jika tidak digunakan. Selain serba otomatis, anda juga bisa mengaturnya secara manual untuk mengizinkan dan mencekal aplikasi mana saja yang tetap aktif dan berjalan pada sistem background.

Dengan adanya fitur-fitur yang serba otomatis dan cerdas, tentu saja membuat DU Battery Saver dapat meningkatkan kualitas ketahanan baterai Smartphone Android anda, sehingga kita pun bisa menggunakan Ponsel pintar tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama.

Battery Booster Lite

Jika anda ingin melihat dan memantau aplikasi mana saja yang diperbolehkan mengkonsumsi daya baterai dan mana yang tidak, maka Battery Booster Lite merupakan pilihan yang tepat. Dengan infografis yang menarik, anda tidak akan bosan untuk mengatur aplikasi mana saja yang anda pilih, sehingga baterai anda akan digunakan se efisien mungkin dan tidak terbuang dengan sia-sia.

Aplikasi Battery Booster menyediakan berbagai fitur yang bisa anda gunakan untuk menghemat baterai, diantaranya :

Real Time Battery Tracking
Dengan fitur ini, anda bisa mengetahui beragam informasi baterai anda, mulai dari temperatur, baterai level, sisa baterai dan voltase.
Saving Mode
Fitur ini bisa anda gunakan untuk menghemat baterai dengan pengaturan default yang sudah disiapkan dari Baterry Booster.
Monitor Konsumsi Baterai
Dengan fitur ini anda akan mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan dan menggunakan daya baterai seberapa besar.
Quick Setting
Pengaturan cepat dari Battery Booster membuat anda dapat mengontrol pengaturan Android dengan cepat seperti WiFi, bluetooth, mobile data, dan lain-lain.

Easy Battery Saver

Dengan aplikasi ini, anda hanya perlu menyentuh button Optimize Now pada menu aplikasi Easy Battery Save, maka secara otomatis aplikasi ini akan menscan dan mendeteksi aplikasi apa saja yang banyak mengkonsumsi baterai, dan selanjutnya akan menampilkan pilihan kepada anda apakah aplikasi tersebut tetap dijalankan atau dihentikan.

Tersedia 5 mode pilihan yang bisa anda terapkan, atur dan pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan anda, diantaranya :

1.Normal mode : pada pilihan ini tidak akan melakukan optimasi baterai, karena smartphone Anda bekerja seperti biasa
2. General Power Saving Mode : memiliki kontrol jaringan dasar, kontrol layar dan  screen timeout  untuk menghemat baterai anda.
3. Intelligent Power Saving Mode : tersedia 8 kontrol  yang berbeda dan berjalan lebih cerdas dari mode General.
4. Super Power Saving Mode: menjaga waktu siaga ponsel Anda selama mungkin.
5. Advanced Customized Mode: Anda dapat mengatur semua aplikasi yang Anda inginkan sesuai kebutuhan.

GO Battery Saver & Power Widget

Jika anda sudah tidak asing dengan top developer Go Launcher EX, maka anda perlu mengetahui aplikasi buatan mereka lainnya untuk mengatasi masalah baterai ponsel anda yaitu GO Battery Saver & Power Widget. Jika anda menggunakan Go Launcher EX, maka aplikasi ini akan lebih cocok anda gunakan.

GO Battery Saver & Power Widget menyalakan dan mematikan fitur secara selektif sesuai dengan kondisi Anda, sehingga baterai gadget bisa lebih awet. Ketika dijalankan, ikon aplikasi ini akan muncul di status bar. Ketika kita menarik status bar ke bawah, kita bisa menyalakan atau mematikan fitur-fitur dasar di perangkat kita, ada tiga tab yang langsung terlihat, yaitu: Manage, Smart, dan Tool.

Di tab manage, kita bisa mengatur secara keseluruhan fitur-fitur apa saja yang dimatikan pada setiap situasi. Kita bisa memilih mode preset yang menyalakan atau mematikan fitur-fitur yang berbeda. Misalnya, mode General Save: mode ini menyalakan koneksi mobile data dan mengatur tingkat terang layar pada pengaturan auto. Bluetooth, GPS, dan getaran ketika kita menyentuh suatu tombol dapat langsung dimatikan.

Pada mode super save, maka akan mematikan jaringan kecuali jaringan telepon dan memasang tingkat terang layar pada tingkat terendah. Kalau kita kurang mengerti atau malas melakukan optimasi fitur satu persatu, kita bisa langsung menggunakan fitur “fast optimize” yang akan langsung mengatur penggunaan power dengan cepat.

Battery Doctor

Apabila anda salah satu pengguna aplikasi Clean Master? mereka juga menyediakan addon untuk mengatasi masalah baterai yang boros yaitu Battery Doctor. Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Dengan Apikasi Battery Doctor, anda dapat memaksimalkan pemakaian baterai pada smartphone anda. Pada aplikasi ini terdapat fitur untuk menunjukan aplikasi mana saja yang menggunakan daya baterai paling besar, juga dapat memberitahukan kesehatan baterai dengan siklus charger yaitu dengan menunjukan berapa kali baterai smartphone Anda dicharge.

Cara kerja dari aplikasi “Battery Doctor” ini adalah dengan menghentikan aplikasi yang terbuka dan tidak penting serta aplikasi – aplikasi yang berjalan secara diam – diam ketika smartphone dinyalakan (Auto Start).

Avast Battery Saver

Pembuat anti virus ternama Avast juga turut andil meluncurkan aplikasi untuk menghemat baterai smartphone android anda. Dengan aplikasi buatan mereka ini, tidak hanya akan membuat anda lebih merasa lebih aman, namun juga membuat koneksi internet anda bisa terjaga, selain itu tentu saja membuat baterai hp android anda lebih tahan lama.

Dalam keterangan resminya, Avast mengklaim bahwa aplikasi penghemat baterainya, selain cerdas juga dapat meningkatkan umur baterai hingga 7 jam. Hal itu berkat kemampuannya dalam mengoptimalkan setting perangkat, semisal koneksi data dan timeout tampilan, dengan mempelajari perilaku penggunanya.

Avast Battery Saver secara otomatis mengaktifkan beberapa profil berdasarkan lokasi dan waktu pengguna. Aplikasi ini tidak membutuhkan perubahan perilaku maupun penggunaan. Sehingga umur baterai menjadi lebih panjang, dengan tidak merepotkan pengguna.

Screen Filter

Dengan menurunkan kecerahan layar, maka ponsel menjadi lebih hemat baterai. Anda sudah menurunkan tingkat kecerahan layar anda hingga titik minimal, dengan aplikasi Screen Filter anda bisa menurunkannya lebih gelap lagi , sehingga bisa menghemat baterai sebanyak 50%.

Tapi aplikasi ini akan efektif digunakan pada malam hari saja, karena apabila anda menggunakan screen filter untuk mengurangi kecerahan layar saat siang hari, maka anda akan kesulitan melihat tampilan layar di tempat yang terang, karena kondisi layar yang cukup gelap.

Black Screen of Life

Apabila anda sering mengakses youtube untuk mendengarkan musik, maka aplikasi Black Screen of Life akan sangat membantu disaat anda ingin mendengarkan suara tanpa video. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan cara mematikan layar tanpa menghentikan proses yang sedang berjalan, sehingga anda masih bisa mendengarkan musik tanpa harus melihat videonya. Karena layar dalam keadaan mati, maka baterai smartphone anda bisa lebih hemat.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, setelah anda menginstallnya, ubah status Black Screen Of Life dari Disable menjadi Enable. Nantinya akan muncul tanda bahwa aplikasi aktif di Notification Bar. Dan secara otomatis layar smartphone anda akan padam, tapi musik yang anda putar di YouTube tetap jalan.

Battery Calibration

Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan kalibrasi ulang pada baterai smartphone anda. Prinsip kerja Battery Calibration adalah menghapus riwayat penggunaan baterai di “batterystats.bin” sehingga akan membuat kondisi baterai anda seperti baru lagi. Namun anda diharuskan mempunyai akses root terlebih dahulu agar bisa menggunakannya dengan efektif.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, setelah anda menginstal aplikasi Battery Calibration, charge smartphone anda hingga 100%, lalu bukalah aplikasi Battery Calibration, kemudian tekan tombol Battery Calibration yang ada di tengah. Tunggu hingga muncul notifikasi Calibration succeeded! lalu klik OK!

Hal yang harus dilakukan setelahnya adalah, anda harus menggunakan Android anda hingga baterainya benar-benar habis (0%) lalu charge kembali dalam keadaan mati (offline charge) hingga 100%. Setelah melakukan offline charging hingga 100%, hidupkan kembali Android anda dan gunakan seperti biasa, anda bisa merasakan perubahan daya tahan baterai anda menjadi lebih awet.

Current Widget: Battery Monitor

Sama dengan aplikasi Battery Calibration, aplikasi ini juga mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk mengkalibrasi baterai. Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah, anda tidak membutuh akses root untuk menggunakan aplikasi CurrentWidget.

Penggunaan dari aplikasi ini, dengan cara install terlebih dahulu lewat play store lalu pasang widget aplikasi ini di homescreen smartphone anda, kemudian lakukan charge hingga widget menunjukan kapasitas maksimal sesuai kapasitas baterai anda.

Setelah itu, cabut Smartphone dari charger, lalu restrat. Maka Smartphone anda telah selesai dikalibrasi.

LeanDroid

Berbeda dengan aplikasi lainnya diatas, aplikasi yang bernama LeanDroid akan secara otomatis berjalan setelah terinstall di hp android anda. aplikasi LeanDroid merupakan salah satu aplikasi connectivity manager, yang secara otomatis akan mengaktifkan dan menonaktifkan jaringan di smartphone anda, baik jaringan WIFI, jaringan data, maupun bluetooth pada saat layar hp android Anda dalam keadaan standby maupun terkunci.

Aplikasi ini juga bisa menjadwalkan aplikasi apa saja yang bisa berjalan pada waktu tertentu untuk otomatis mengecek dan menampikan notifikasi BBM atau WA misalnya.

Saat anda sedang mendownload, aplikasi tidak akan memutuskan jaringan sampai prosesnya selesai, meskipun layar hp sudah padam atau terkunci. Jadi dengan kata lain, anda bisa melakukan pengaturan untuk menghidupkan atau mematikan suatu aplikasi tertentu sesuai dengan keinginan anda.

Doze – For Better Battery Life

Fitur Doze yang berfungsi untuk menghemat baterai pada sistem operasi terbaru Marsmallow. aplikasi Doze akan mencegah terjadinya wakelock sehingga menjadikan baterai android anda bertahan lebih lama. Bagi anda yang ingin mencicipinya, namun OS android anda bukan marsmallow, maka anda bisa mencoba Doze – For Better Battery Life.

Aplikasi ini bekerja dengan mencegah aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting agar tidak terhubung ke internet saat smartphone dalam keadaan tertidur atau layar mati, misalnya ketika ada di dalam kantong atau saat anda tidur.

Selain itu ada beberapa pengaturan yang bisa anda gunakan sesuai keinginan, seperti Aggressive Mode yang akan mengaktifkan Doze ketika layar mati maupun menyala, WiFi Preferred yang akan mematikan Doze ketika smartphone tersambung dengan WiFi, dan Charge Preferred yang akan mematikan Doze ketika smartphone sedang di-charge.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi baterai android yang boros. Anda tidak harus menginstal semuanya, anda bisa memilih satu atau beberapa aplikasi di atas untuk menjalankan fungsi yang berbeda, dan cobalah untuk melakukan pengaturan yang paling pas dan mudah menurut pemakaian anda masing-masing.

SHARE
Artikel SebelumnyaReview Asus Zenfone 4 Max Pro
Artikel BerikutnyaTrik URL Youtube Yang Wajib Anda Ketahui
Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan mendapatkannya. Yakinlah bahwa dengan ketekunan semua akan dimudahkan. Tataplah masa depan dengan keyakinan. Semoga tuhan senantiasa memberikan kita semua kesuksesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here