cara meningkatkan kinerja komputer atau laptop
meningkatkan kinerja komputer

Indonetcafe.com – Cara Mempercepat Kinerja Komputer atau Laptop Windows. Kita sebagai penguna Komputer ataupun laptop pasti merasa kesal jika kinerja dan performa laptop serasa sangat lambat (lemot).

Apalagi jika kita memiliki banyak pekerjaan / tugas yang harus segera diselesaikan, tentu akan membuat kita pusing. Lalu, Bagaimana Cara Terbaik Mengatasi Laptop Dan Komputer Yang Lemot Tersebut? Silahkan anda simak artikel berikut ini.

Laptop dan Komputer yang lambat biasanya tergantung dari Hardware itu sendiri. Jika misalnya anda menggunakan Komputer dengan Processor Pentium 4 maka jangan harap bisa secepat komputer dengan Processor Core i5 dan Core i7, itu sangat mustahil untuk anda lakukan.

cara meningkatkan kinerja komputer atau laptop
meningkatkan kinerja komputer

Selain Processor, Memori atau RAM juga turut andil dalam masalah ini. Apabila Anda masih menggunakan RAM 1 GB atau 2 GB, saya rasa untuk hanya sekedar mengetik dan menjalankan aplikasi sederhana seperti browsing, mungkin masih cukup memuaskan.

Akan tetapi apabila anda menggunakan komputer / laptop untuk melakukan editing video / rendering, desain grafis, bahkan sampai dengan game online, tentu ini sangatlah kurang, minimal kita harus menggunakan RAM diatas 4 GB. Maka dijamin performa Laptop anda pasti akan lebih baik dengan syarat perawatan juga harus baik pula.

Tips Mempercepat Kinerja Komputer Agar Tidak Lambat

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips untuk anda, mengenai Cara Mempercepat Komputer Dan Laptop Windows (XP, 7, 8, 10). Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar performa laptop jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

Langkah yang akan saya bagikan pada artikel ini cukup mudah dan bisa anda lakukan dengan teratur, supaya performa Laptop tetap optimal. Langsung saja simak tips mengenai Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows berikut ini :

1. Minimkan Visual Effect Pada Windows

Visual Effect merupakan hal yang mampu memanjakan mata anda, karena akan ada animasi saat membuka ataupun menjalankan aplikasi pada Windows. Namun sebenarnya visual Effect tersebut memiliki andil dalam pemakaian RAM, karena banyak melakukan proses yang sebenarnya tidak begitu penting.

Alangkah lebih baiknya anda menghilangkan Visual Effect yang tidak begitu penting pada Windows. Untuk meminimalkan penggunaan visual effect yang tidak begitu penting, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Klik Tombol Start » Klik Kanan My Computer » Pilih Properties » Pilih Tab Advanced » Klik Setting pada bagian Performance » Maka akan keluar kotak dialog “Performance Options” » Pada tab Visual Effects ada tiga pilihan yang bisa anda lakukan yakni :

Adjust For Berst Appearance
Adjust For Best Performance
Custom
Sebaiknya anda memilih Costum, agar supaya bisa mengatur Visual Effect apa saja yang masih anda aktifkan. Namun untuk performa optimal alangkah lebih baiknya anda memilih Adjust for best performance, dengan catatan tampilan windows menjadi cukup sederhana.

2. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Apabila anda jarang menggunakan suatu aplikasi atau bahkan tidak pernah menggunakannya sama sekali, sebaiknya hapus saja aplikasi tersebut. Jika anda memiliki komputer dengan spek rendah, maka jangan menginstall aplikasi grafis seperti Solidwork, Adobe Premiere Pro, Adobe After Effect, 3D Max, dan Corel Draw X6.

Karena justru hanya akan memberatkan komputer yang anda miliki. Pastikan hardware komputer anda memenuhi system requirement suatu aplikasi sebelum menginstalnya pada komputer/ laptop anda.

Untuk menghapus aplikasi, cukup masuk ke Control Panel, lalu pilih uninstal a program yang ada pada sistem operasi Windows. Selanjutnya anda tinggal memilih aplikasi yang tidak anda butuhkan atau tidak anda gunakan lagi, lalu klik uninstal di bagian atas. Ikuti petunjuk uninstall aplikasi sampai proses uninstall berhasil dan selesai.

3. Bersihkan File Temporary dan History Windows

File temporary merupakan file sementara yang dibuat dan dihasilkan ketika anda sedang membuka dan menjalankan suatu aplikasi pada Windows. Sebenarnya file temporary atau Cache berguna untuk komputer kita saat membuka aplikasi yang kedua kali dan seterusnya.

Fungsi dari File cache yaitu untuk mempercepat akses data pada komputer, karena cache menyimpan data atau informasi yang telah diakses oleh suatu buffer, sehingga meringankan kerja suatu processor, tetapi jika file cache terlalu banyak dan berlebihan maka akan memenuhi hardisk komputer/ laptop dan justru akan membuat performa komputer menurun.

Solusinya tentu kita harus membersihkannya. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner untuk membersihkan file sampah, history, cache, cookies, temporary, dan lainnya dengan mudah dan cepat.

4. Minimkan Program Yang Berjalan Pada Startup

Program yang berjalan pada Startup yang saya maksud adalah Program yang dibuka bersamaan dengan Booting Windows. Hal ini bertujuan supaya booting juga lebih cepat dan lebih lancar tanpa harus menunggu waktu yang lama. Anda bisa menonaktifkan beberapa aplikasi tertentu yang sebenarnya tidak perlu dijalankan dengan cara sebagai berikut :

Startup Windows

Klik Tombol Windows + R » lalu ketik msconfig » System Configurations » pilih tab Startup. (untuk windows 8 – 10 dengan cara membuka Task Manager lalu pilih tab Startup), kemudian Nonaktifkan atau Disable beberapa aplikasi yang anda rasa tidak terlalu penting atau tidak dibutuhkan dengan cara menghilangkan centang pada windows 7 kemudian Klik “Apply”, sedangkan pada windows 8 – 10 dengan mengklik tombol Disable di bagian kanan bawah.

Selain menggunakan fitur msconfig, anda juga bisa menggunaan Aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner, AVG PC Tune UP dan lain sebagainya. pada masa sekarang beberapa antivirus juga sudah menyediakan aplikasi cleaner dan PC Tune Up untuk memudahkan anda dalam optimasi kinerja komputer ataupun laptop.

5. Hapus Gadget Yang Ada Pada Desktop

Gadget sebenarnya bermanfaat untuk menampilkan suatu parameter seperti konsumsi RAM dan sebagainya, selain itu juga bisa untuk mempercantik tampilan desktop Windows, tapi menurut saya hal tersebut tidak perlu anda pasang. Karena gadget membutuhkan konsumsi RAM, dan apabila RAM laptop yang anda miliki tergolong pas pasan, atau bahkan kecil maka gadget tersebut akan membuat performa laptop menurun.

6. Gunakan Fitur Disk Cleanup

Disk Cleanup merupakan fitur yang terdapat pada sistem operasi Windows. Fitur ini berguna untuk membersihkan file–file yang sudah tidak digunakan lagi. Penjelasan dari situs Resmi Microsoft menyebutkan bahwa Disk Cleanup “to delete files you no longer need and reclaim storage space on your PC”. Untuk menggunakan fitur Disk Cleanup ini, anda bisa ikuti langkah dibawah ini :

Disk CleanUp

WINDOWS 7 » Klik menu Start » Program » Accesories » System Tool » Disk Cleanup.

WINDOWS 8-10 » Klik menu Start » All Apps » Administrative Tools » Disk Cleanup.
Setelah anda mengikuti langkah diatas, maka akan muncul pilihan Drive dari partisi harddisk. Silahkan pilih Drive yang ingin anda hapus dengan Disk Cleaner. Tunggu beberapa saat maka akan ada proses scanning partisi yang anda pilih, setelah proses scanning selesai akan muncul beberapa pilihan file yang bisa anda hapus. Silahkan pilih file mana saja yang akan anda hapus, atau anda bisa mencentang semua pilihan yang ada pada Disk Cleaner tersebut, Kemudian tekan “OK” dan tunggu sampai proses pembersihan selesai.

7. Gunakan Fitur Defragment

Defragmenter merupakan sebuah fitur bawaan Windows yang berfungsi untuk menata tata letak semua file yang ada pada harddisk. Tujuan dari adanya Defragmenter, supaya Windows lebih mudah dalam memproses data (Write/Read). Agar tata letak file dalam hardisk selalu rapi, anda bisa melakukan Fragmentasi minimal 1 bulan 1x. Dan untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Disk Defragment

WINDOWS 7 » Klik menu Start » Program » Accesories » System Tool » Disk Defragment.

WINDOWS 8-10 » Klik menu Start » All Apps » Administrative Tools » Defragment and Optimize Drive.
Setalah anda masuk pada fitur Defragment, anda akan melihat beberapa pilihan Drive. Pilih Drive yang ingin anda Defragment, kemudian klik “Disk Defragment” dan tunggu sampai proses fragmented selesai.

Anda bisa melakukan schedule agar windows melakukan fragmentasi secara rutin, ada 3 pilihan jadwal mulai dari harian, mingguan atau bulanan. Silahkan pilih sesuai dengan selera anda.

8. Pasang Antivirus dan Lakukan Update secara Rutin

Komputer / Laptop yang anda miliki biasanya sering digunakan untuk mengunduh, browsing, dan memindah data antara komputer satu dengan komputer lainnya, antara flashdisk satu dengan flashdisk lainnya. Aktifitas semacam ini tentunya akan sangat rawan sekali terhadap Virus. Maka dari itu antivirus sangat penting untuk komputer ataupun laptop. Rekomendasi dari saya gunakan antivirus yang sudah sangat populer dan terjamin keamanannya seperti Avast, AVG, Avira, Kaspersky, dan beberapa antivirus ternama lainnya.

Yang perlu anda perhatikan, jangan menginstall Antivirus lebih dari 1 karena akan memberatkan Laptop anda, yang perlu dilakukan adalah cukup menginstal 1 antivirus dengan catatan rutinlah melakukan update database antivirus.

9. Upgrade RAM dan Hard disk

Untuk hasil yang lebih baik dan maksimal, apabila anda memiliki dana berlebih, tidak ada salahnya anda melakukan upgrade RAM dan hard disk. karena proses multitasking yang terlalu berat, biasanya akan menyebabkan kinerja suatu komputer / laptop menjadi lambat.

Melakukan Upgrade / Menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar merupakan pilihan yang terbaik untuk mempercepat kinerja suatu komputer, agar komputer / laptop anda tidak mengalami hang / program not responding ketika menjalankan suatu aplikasi.

Demikian 9 cara mempercepat kinerja laptop atau komputer yang bisa indonetcafe bagikan, apabila anda memiliki cara yang belum disebutkan di atas, silahkan untuk menambahkannya pada kolom komentar. semoga bermanfaat.

SHARE
Artikel SebelumnyaCara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak
Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan mendapatkannya. Yakinlah bahwa dengan ketekunan semua akan dimudahkan. Tataplah masa depan dengan keyakinan. Semoga tuhan senantiasa memberikan kita semua kesuksesan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here